5 Cara Mengatasi Cucian Piring Agar Tidak Menumpuk

Setelah menggunakan barang-barang perabot rumah, pasti harus dicuci. Salah satu yang sudah pasti dicuci adalah peralatan masak dan peralatan makan, seperti piring. Piring ini menjadi benda yang paling sering digunakan karena benda ini bukan hanya untuk makan saja, tetapi juga untuk wadah berbagai macam makanan. Untuk itulah cucian piring selalu menumpuk.

Dominasi piring dalam tumpukan cucian perabot dapur menjadi hal yang biasa. Namun jika dibiarkan menumpuk, maka akan menjadi hal yang sangat menjengkelkan. Mengurangi keindahan dan kebersihan dapur. Alhasil malas untuk membersihkannya. Cucian akan semakin menumpuk.

Untuk mengurangi tumpukan cucian piring, ada baiknya kita melakukan hal-hal berikut :

Cucian Piring Sunlight

1. Segera cuci piring segera usai digunakan

Hal ini cukup efektif karena bisa mencegah tumpukan piring-piring yang lainnya. Setiap anggota keluarga harus dibiasakan untuk mencuci piring yang telah dipakainya. Anak-anak pun juga harus dibiasakan sejak dini.

2. Minimalisir penggunaan banyak piring untuk tempat makanan

Jika banyak menu makanan yang terhidang, kita bisa menggunakan tempat khusus lauk yang bisa dijadikan satu dengan lauk yang lainnya. Misalnya tempe, tahu, ikan goreng bisa ditempat pada satu piring karena sama-sama lauk yang digoreng. Jangan menggunakan piring untuk menaruh kue kering. Sebaiknya gunakan toples khusus.

3. Bersihkan segera piring bekas tempat roti basah

Biasanya cucian piring akan identik dengan piring bekas makanan yang meninggalkan bekas, sehingga harus dibersihkan dengan air. Seperti piring bekas makan nasi, piring bekas makan salad, atau lainnya. Namun untuk piring bekas roti basah yang tidak menimbulkan noda, sebaiknya cukup dilap dengan kain basah atau kain kering. Lalu pisahkan dan gunakan kembali nantinya untuk menempatkan roti basah.

4. Miliki lebih banyak piring keramik

Penggunaan piring keramik terkadang ribet karena berat. Justru sebenarnya penggunaan piring ini bisa meminimalisir cucian piring. Kita akan segera mencucinya sebelum menumpuk. Jika menggunakan piring plastik atau aluminium akan membuat mindset kita menggampangkan untuk mencucinya nanti-nanti saja.

5. Gunakan sabun cuci piring yang kesat

Penggunaan sabun cuci piring yang tepat pun juga memiliki andil dalam menekan penumpukan cucian peralatan makan. Jika sabun cuci yang kita pakai kurang kesat maka kita akan lebih lama dalam melakukan proses pencucian karena harus melakukan pengusapan berulang-ulang.

Penumpukan cucian piring sangatlah biasa, namun bisa dihindari dengan menggunakan trik terbaik. Jangan biarkan menumpuk dan segera cuci piring yang sudah kotor. Piring-piring kotor yang tidak segera dicuci akan menjadi sarang kuman dan bakteri. Dan jika terlalu lama dibiarkan menumpuk, bukan tidak mungkin piring-piring kotor tersebut akan menimbulkan bau tidak sedap. Wah, jangan sampai ruang dapur rumah menjadi bau karena piring kotor tak segera dicuci ya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *