5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membangun Rumah Impian

Membuat Rumah Impian

Harapan dari setiap orang, baik yang masih sendiri ataupun sudah berkeluarga adalah memiliki sebuah rumah sendiri, namun kenyataannya tidak semudah khayalan. Beberapa orang ingin rumahnya berlokasi di daerah kota, beberapa lainnya menginginkan rumah yang dibangun di pedesaan. Beberapa menginginkan rumah dengan lingkungan yang tenang, sepi, dan jauh dari lalu lintas kota, sementara beberapa malah lebih menyukai rumah di tengah lingkungan yang ramai.

Begitu juga dengan pengetahuan mengenai proses konstruksi bangunan. Beberapa orang memiliki pengetahuan yang cukup memadai tentang proses membuat rumah, namun tak sedikit juga yang tidak mengetahui satu hal pun perihal konstruksi rumah. Ketidaktahuan beberapa orang mengenai pembangunan rumah ini akan membuat proses konstruksi kan menjadi lebih sulit dan rumit. Anda juga beresiko tertipu oleh kontraktor abal-abal yang tidak terpercaya. Kalau sudah begitu, jangankan rumah impian, rumah yang sekadar layak untuk ditempati mungkin gagal Anda bangun.

Mengingat hal-hal yang tidak diinginkan demikian bisa saja terjadi pada Anda, sebelum memulai membangun rumah impian, ada baiknya Anda membekali diri Anda dengan beberapa pengetahuan dasar mengenai proses konstruksi rumah. Untuk membantu Anda merencanakan pembangunan rumah yang aman dan lancar, artikel ini akan berikan 5 tips mengenai hal-hal apa saja yang perlu Anda perhatikan sebelum membangun rumah impian.

  1. Gunakan jasa arsitek

Sebelum membangun rumah impian, pertama-tama gunakan jasa arsitek untuk mewujudkan rumah seperti apa yang Anda inginkan. Seorang arsitek adalah tenaga profesional di bidang konstruksi bangunan yang telah terlatih untuk mendengarkan setiap detail keinginan Anda, dan membantu Anda mewujudkan ide-ide tersebut menjadi nyata. Arsitek juga memiliki tanggung jawab besar untuk mendesain rumah yang selaras dengan tidak hanya selera Anda, tapi juga bujet yang Anda miliki, dari kali pertama peletakan batu sampai akhirnya Anda potong pita. Seorang arsitek juga dituntut untuk bekerja sama secara sinergis dengan para kontraktor untuk memastikan rumah terbangun sesuai konsep yang disepakati.

  1. Kenali betul lahan yang Anda miliki

Sebelum melangkah untuk mencari tenaga kontraktor bangunan untuk menangani proyek rumah Anda, Anda perlu mengetahui dengan jeli karakteristik lahan yang Anda miliki. Dari ukuran, kondisi alam, dan lingkungan sekitar sehingga Anda dapat menjelaskannya dengan detail kepada arsitek dan Anda untuk merencanakan pembangunan.

Keadaan alam perlu diamati agar Anda bisa mendapatkan rerkomendasi terbaik dari para ahli untuk bagaimana sebaiknya menginstal sistem-sistem penunjang tempat tinggal, seperti listrik, internet, air, dan lain-lain. Misalnya keadaan tempat tinggal Anda sedikit berbatu, maka Anda harus memikirkan dengan cemat bagaimana untuk menginstal sumur air untuk bangunan rumah Anda, dan sebagainya.

  1. Buat rancangan biaya untuk proyek pembangunan rumah Anda

Setelah mengobrolkan semuanya dengan para ahli, kini saatnya Anda untuk merinci dengan detail berapa bujet yang perlu Anda keluarkan untuk membangun rumah impian tersebut. Bila sulit mengira-ngira harga material konstruksi, Anda dapat menggunakan jasa konsultasi yang biasanya diberikan secara cuma-cuma oleh berbagai pihak kontraktor bangunan. Hitung-hitung sebagai proses menyeleksi kontraktor mana yang akan Anda jatuhi tanggung jawab untuk mewujudkan rumah Anda, Anda juga bisa mendapatkan jasa konsultasi  dan estimasi biaya secara gratis!

  1. Pilih kontraktor atau pemborong bangunan yang berkualitas dan terpercaya

Setelah menggunakan layanan konsultasi gratis dari beberapa kontraktor bangunan, kini saatnya Anda menjatuhkan pilihan pada satu kontraktor yang beruntung mendapatkan kepercayaan Anda. Untuk lebih meyakinkan diri Anda dalam memilih pihak kontraktor, Anda harus terlebih dahulu melihat portofolio dan review dari masing-masing kontraktor. Kontraktor yang berkualitas tentu akan menyediakan portofolio yang cukup banyak, sehingga Anda bisa meyakinkan diri Anda bahwa kontraktor tersebut benar-benar berkualitas. Kontraktor yang berkualitas juga ditandai dengan banyaknya review-review positif yang mereka dulang, dan rating yang tinggi dari klien mereka sebelumnya.

  1. Mulai proyek

Setelah memilih satu kontraktor untuk membangun rumah Anda, kini waktunya Anda memulai proyek besar ini. Pastikan seluruh material telah terbeli. Jangan lupa untuk membeli material bangunan hanya yang berkualitas tinggi, ya!

  1. Estimasi waktu selesainya pengerjaan

Biasanya pengerjaan pembangunan rumah berlangsung sekitar dua sampai empat bulan. Perhitungkan lama pengerjaan dengan arsitek dan kontraktor bangunan Anda, dan buat deadline selesainya pengerjaan. Lama pengerjaan membangun rumah ini akan sangat berbeda, tergantung besar kecilnya ukuran bangunan, dan mudah rumitnya gaya rumah. Selain memonitor agar proyek selesai tepat waktu, Anda juga harus memastikan bahwa biaya yang dikeluarkan tidak akan melebihi bujet awal.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *