5 Mitos Jerawat Yang Ternyata Tidak Benar

Jerawat sebenarnya bukan merupakan suatu penyakit, namun hanya gangguan masalah kulit, dan itupun bukan gangguan yang tergolong berat, namun dikarenakan sebagian besar jerawat muncul di wajah, maka jerawat bisa jadi masalah besar untuk penampilan, terutama untuk para wanita di belahan dunia manapun.

Tips Menghilangkan Jerawat

Sebagian besar jerawat biasanya muncul pada masa pubertas, karena di masa-masa ini kalenjer minyak pada wajah terkadang memproduksi lebih banyak dari pada yang dibutuhkan, jika tercampur dengan kotoran maka akan menimbulkan jerawat, selain itu jerawat juga bisa muncul pada perempuan yang sedang dalam masa menstruasi dan masa kehamilan.

Di dunia internet sendiri banyak sekali beredar Tips Menghilangkan Jerawat, namun tidak semuanya berdasarkan fakta dari ilmu kedokteran, untuk mengetahui apa mitos-mitos seputar jerawat, simak penjelasannya berikut ini :

Semakin Sering Mencuci Muka, Maka Akan Mencegah Munculnya Jerawat

Sebenarnya jika mencuci muka dengan secukupnya maka hal itu akan bagus, karena kotoran penyebab jerawat yang muncul di muka akan bersih. Namun bagaimana jika berlebihan ? tentu saja tidak baik, karena jika terlalu sering mencuci muka maka bukan hanya kotoran yang menghilang, tapi kalenjer minyak juga akan menghilang, jangan salah, kalenjer minyak sebenarnya juga diperlukan oleh kulit, namun jika kulit wajah terlalu kering maka kulit wajah akan memproduksi kalenjer minyak secara berlebihan, akibatnya kalenjer minyak yang berlebihan tersebut akan menjadi sebab munculnya jerawat.

Obati Jerawat Dengan Pasta Gigi

Ini merupakan mitos yang sudah ada turun temurun, memang pasta gigi memiliki kandungan yang dapat mengeringkan jerawat, tapi pasta gigi sangat tidak direkomendasikan untuk pengobatan jerawat, kenapa ? karena didalam kandungan pasta gigi juga terdapat kandungan lainnya yang bisa membuat jerawat iritasi, jadi bukannya malah sembuh, jerawat akan semakin merah dan meradang, sebaiknya gunakan obat jerawat yang memang khusus.

Jangan Menggunakan Make Up Saat Berjerawat

Mitos yang satu ini sudah menyebar pada kaum hawa, tapi sebenarnya Anda masih bisa menggunakan riasan yang memang khusus untuk kulit wajah berjerawat, caranya cukup mudah, Anda bisa melihat pada label kosmetik tersebut kemudian cari istilah non-acnegenic atau non-comedogenic, produk seperti ini biasanya tidak menyumbat pori-pori.

Selain itu jangan lupa untuk membersihkan kosmetik sebelum tidur, jangan terlalu lama memakainya dan jangan terlalu tebal, karena ditakutkan akan membuat pori-pori tertutup sehingga akan memicu tumbuhnya jerawat.

Namun jika jerawat pada kulit wajah Anda cukup meradang, berwarna merah dan terasa sakit, sebaiknya hindari saja kosmetik, karena ditakutkan bahan kimia didalamnya akan mengiritasi jerawat.

Sembuhkan Jerawat Dengan Memencetnya

Hati-hati dengan hal ini, karena jika melakukan ini maka ditakutkan bukannya sembuh dari jerawat, malah jerawat akan semakin meradang dan meninggalkan bekas, selain itu jika tangan Anda tidak bersih maka jerawat akan semakin banyak tumbuh di wajah.

Hati-Hati Dengan Tabir Surya

Sebagian orang mengatakan jika tabir surya dapat mengiritasi jerawat, namun hal ini tidak sepenuhnya benar, tabir surya memang dapat memperburuk kondisi jerawat jika tabir surya yang digunakan tidak cocok untuk kulit Anda. Tabir surya dibagi menjadi 2 jenis, tabir surya kimia dan tabir surya fisik, hati-hati dengan tabir surya kimia karena kulit Anda akan ikut bereaksi, pada kulit sensitif dan berjerawat sebaiknya gunakan tabir surya fisik.

Untuk perawatan jerawat sebaiknya ikuti Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bahan Alami yang sudah terbukti, contohnya seperti penggunaan timun, ataupun masker menggunakan bahan dari tanaman dan buah-buahan, karena terbukti aman dan dapat menghilangkan jerawat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *