Agar Cacar Air Pada Anak Tidak Menular Kepada Orang Lain

Cacar air pada anak menimbulkan kekhawatiran yang hebat pada setiap orang tua. Anak yang semula ceria dan aktif kini harus terbaring sakit dengan bintik-bintik merah pada tubuhnya. Entah cacar air ini menyerang anak orang lain atau anak Anda sendiri tetaplah menjadi kecemasan tersendiri.

Cacar Air Pada Anak

Cacar air ini merupakan gangguan kulit dan umumnya menyerang anak yang usianya di bawah 10 tahun. Pada usia ini anak-anak sangat suka bermain. Inilah mengapa Anda perlu khawatir jika salah satu teman bermain si kecil tengah mengalami cacar air. Karena tidak ingin anak atau Anda tertular, mungkin langkah-langkah di bawah ini dapat diterapkan.

Lindungi dari transmisi droplet

Virus varicella zoster dapat dengan mudah menular melalui kontak langsung maupun sentuhan dari pasien cacar air. Bukan hanya kontak antar kulit saja, namun benda atau pakaian yang dipakai pasien cacar pun berpotensi menularkan virus cacar.

Selain itu, hindari droplet atau percikan yang bisa berupa batuk, bersin, air liur, sekresi hidung dari pasien cacar.

Hindari sekresi

Untuk menghindari adanya sekresi, Anda atau si kecil bisa menggunakan masker wajah agar virus tidak masuk melalui wajah atau mulut. Upayakan untuk tetap menggunakan masker ketika Anda berada dalam satu ruangan dengan pasien cacar. Rajin-rajinlah mengganti masker dengan yang baru.

Selain itu, Anda bisa memakai sarung tangan maupun kacamata pelindung ketika berada di dekat pasien cacar. Perlu diketahui bahwa percikan yang berasal dari bersin pasien cacar bisa terbang di udara sampai jarak 60 meter.

Lakukan vaksin cacar

Antisipasi adalah keharusan. Untuk itu jika Anda atau si kecil belum pernah melakukan vaksin cacar air, ada baiknya menyegerakan untuk vaksin cacar. Dengan begitu tubuh akan kebal terhadap virus penyebab cacar.

Batasi ruang gerak

Apabila Anda atau si kecil mengalami cacar air sebaiknya tidak berbaur di banyak ruangan. Misalnya untuk kamar mandi, jika Anda atau si kecil mengalami cacar disarankan untuk menggunakan satu ruang kamar mandi khusus. Jadi jangan biarkan anggota keluarga lain memasuki kamar mandi tersebut.

Kalau pasien cacar (bisa Anda, anak atau siapapun) ingin keluar ruangan atau keluar rumah, mintalah untuk memakai masker agar virusnya tidak menular pada orang lain.

Demikianlah beberapa langkah yang dapat dilakukan agar cacar air tidak menular pada orang lain. Mungkin agak sulit memberi penjelasan pada si kecil jika cacar air pada anak ini tidak segera diatasi. Anak pasti akan jenuh karena tidak bisa bermain dengan bebas bersama teman-temannya. Oleh karena itu selalu ciptakan lingkungan yang menyenangkan bersama anak, ajaklah bermain atau putarkan film kartun favoritnya supaya si kecil tidak merasa dikekang.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *