Poin Penting yang Harus Dipahami Ketika Melakukan Perawatan Bayi Baru Lahir Normal

Perawatan bayi baru lahir normal menjadi kendala tersendiri bagi pasangan muda yang baru memiliki anak. Belum adanya pengalaman menjadi salah satu penyebabnya. Banyak kecemasan hingga rasa tidak percaya diri apakah bisa menjadi orang tua yang baik untuk anak.

Tips Perawatan Bayi Baru Lahir Normal

Selain ketlatenan, merawat bayi memang menjadi pergolakan batin tersendiri. Walaupun demikian rasa cemas ini harus tetap dilawan karena bagaimanapun juga Anda harus merawat buah hati dengan penuh kasih sayang. Percayalah, pelan tapi pasti Anda akan sangat menikmati momen menjadi orang tua muda seperti ini.

Nah, selain harus berdamai dengan batin Anda sendiri, berikut adalah beberapa poin penting yang perlu diketahui saat melakukan perawatan bayi baru lahir. Dengan begitu Anda tidak lagi kaget dalam menjalani momen-momen merawat bayi.

Sering gumoh

Usai menyusui si kecil, tidak jarang ia akan menyemburkan susu yang diminum. Hal ini disebut dengan gumoh. Keadaan ini bisa terjadi akibat fungsi katup antara lambung dan esofagus belum terbentuk dengan sempurna. Ukuran lambung yang masih kecil juga bisa menyebabkan gumoh.

Posisikan bayi dalam posisi tegak selama 30 menit setiap kali selesai menyusu. Posisi ini tidak akan membuat bayi kembali mengeluarkan susu yang telah diminum.

Menyusu tiap 1 atau 2 jam

Mengingat ukuran lambung bayi masih sangatlah kecil, ini membuat si kecil menjadi mudah haus dan lapar. Inilah mengapa Anda harus sering-sering menyusui bayi, setidaknya bayi akan menyusu tiap satu atau dua jam sekali.

Dalam hal ini Anda juga harus peka terhadap respon yang ditunjukkan bayi. Saat bayi menangis atau mengecap-ngecap seperti sedang menyusu, ini bisa menjadi tanda bahwa si kecil tengah haus dan lapar.

Kulit yang sensitif

Tentu Anda sudah sering mendengar bahwa kulit bayi sangat sensitif. Sebagai langkah pencegahan, pastikan Anda selalu menjaga kebersihan bayi dan lingkungan bayi. Termasuk memberikan popok yang aman untuk kulit bayi agar nantinya bayi tidak mengalami ruam popok.

Hindari memilih popok yang terlalu ketat supaya kulit pantat bayi bisa mendapatkan udara. Lap pantat bayi sampai benar-benar bersih dan kering sebelum dipakaikan popok lagi.

Durasi tidur yang panjang

Umumnya bayi akan tidur 1 sampai 2 jam sekali. Jadi dalam satu hari bayi bisa tidur selama 16 sampai 18 jam. Agar Anda tetap fit ketika merawat bayi, ada baiknya Anda juga ikut istirahat saat bayi sedang tidur. Nanti setelah bayi berusia 6 bulan, durasi tidurnya berkurang menjadi 6 jam pada malam hari.

Demikianlah beberapa poin penting yang perlu diketahui agar dapat perawatan bayi baru lahir normal bisa dilakukan dengan baik. Selamat berjuang menjadi ibu yang tangguh ya bunda!

Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *